Search

SMK NEGERI 1 KOTA TEBING TINGGI

SMK BISA SMK HEBAT SMK NEGERI 1 KOTA TEBING TINGGI BISA HEBAT

Apa itu Jurusan Akuntansi Dan Keuangan Lembaga (ADKL) – Berdasarkan Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga merupakan salah satu jurusan yang termasuk Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan yang ditempuh selama 3 tahun masa belajar. Sebagai rumpun Bidang Keahlian Bisnis Manajeman, untuk mempersiapkan peserta didik secara profesional sebagai staff accounting yang handal.

Akuntansi dan Keuangan Lembaga (ADKL) yang sebelumnya bernama Akuntansi (AK) merupakan salah satu program keahlian di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi . Program Keahlian Akuntansi memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk di didik agar mendapat keterampilan dan keahlian di bidang bisnis dan manajemen khususnya akuntansi. Peluang kerja bagi program keahlian akuntansi ini tentu saja akan menjadi akuntan atau seorang penata buku muda yang juga masih banyak di butuhkan dunia bisnis dan manajemen.

Pilihan ADKL

Siswa yang memilih kompetensi keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga akan mempelajari tentang semua proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan mulai dari pencatatan, mengklasifikasi jenis transaksi, meringkasnya, mengolah dan menjadikan sebuah data, tujuannya adalah untuk menjadikan sebuah laporan keuangan yang akurat. Selanjutnya digunakan oleh pihak-pihak di dalam perusahaan sebelum mereka membuat suatu keputusan atau kebijakan.

Apa Yang di Pelajari Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

Selain mata pelajaran Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan, siswa akan diajarkan materi Muatan Peminatan Kejuruan. Mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan ini dibagi menjadi 3, yaitu Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian. Berikut ini akan kita bahas mata pelajaran pada Dasar Program Keahlian dan Kompetensi Kelahlian.

Mata pelajaran Etika Profesi akan membahas materi-materi yang menyangkut bagaimana kode etik dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan profesi sebagai akuntan.

Pada mata pelajaran ini siswa akan mempelajari aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan untuk mempermudah proses kerja akuntansi.

Mata pelajaran ini akan membahas dasar-dasar ilmu akuntansi, seperti konsep debit-kredit, neraca keuangan, atau menyajikan laporan keuangan.

Materi dasar-dasar perbankan yang akan diajarkan antara lain adalah sejarah uang, sejarah bank, fungsi bank, serta sistem operasional lembaga perbankan.

Pada mata pelajaran ini materi yang dipelajari adalah mengenai buku besar dan kegunaannya,

menentukan debet dan kredit, melakukan posting (pemindahan) entri jurnal ke buku besar hingga menyajikan hasil posting entri jurnal ke dalam buku besar

Mata pelajaran ini akan membahas mengenai pengelolaan keuangan desa, perencanaan dan penganggaran keuangan desa, hingga mengolah perpajakan pada lembaga desa.

Akuntansi Keuangan akan membahas tentang penyajian laporan keuangan kepada pihak luar berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modal dan arus kas kepada pemegang saham, kreditor, supplier dan pemerintah khususnya tentang profitabilitas dan kredibilitas perusahaan.

Mata pelajaran komputer akuntansi akan membahas mengenai sistem akuntansi yang menggunakan teknologi komputer untuk menjalankan berbagai aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan proses pengelolaan keuangan.

Dalam mata pelajaran administrasi pajak, siswa akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan. Misalnya pengertian pajak, fungsi pajak, kedudukan pajak, jenis-jenis pajak, tata cara pemungutan pajak, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pajak.

Pada mata pelajaran ini siswa akan mempelajari ilmu mengenai kewirausahaan dan akan diperkenalkan dengan berbagai produk kreatif yang bisa menjadi peluang wirausaha.

Pekerjaan Masa Depan

Tenaga bagian akuntansi sangat diperlukan oleh seluruh perusahaan kecil, menengah, dan besar. Baik itu perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan pabrik karena data yang dihasilkan oleh bagian akuntansi sangat diperlukan perusahaan untuk mengetahui likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas perusahaan.

Lulusan Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga (ADKL) SMK Negeri 1 Peusangan mampu melakukan pekerjaan akuntansi yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang dan industry baik secara manual maupun dengan menggunakan software akuntansi (MYOB, SPREADSHEET) sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industri, pendidikan dan pemerintahan. Selain itu memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Serta dapat membuka peluang usaha dengan menjadi seorang wirausahawan.

Ruang lingkup pekerjaan bagi kelulusan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan (sesuai) dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian pada jenjang SMK antara lain:

DUNIA USAHA
  1. Perusahaan Jasa
  2. Perusahaan Dagang
  3. Perusahaan Manufaktur
  4. Instansi Pemerintah/Swasta
LINGKUP PEKERJAAN
  1. Perbankan
  2. kantor Pajak
  3. Asuransi
  4. Pegadaian
  5. Kasir di Supermarket/Mall
  6. Kantor Beacukai
  7. Setiap Departemen pada bagian keuangan
  8. Kantor Swasta pada bagian keuangan
  9. Operator Komputer
  10. dan lain-lain yang berhubungan dengan keuangan